KIYAI SYAMSURI merupakan anak dari dua bersaudara dari
keluarga bapak Suraji, saudara beliau yaitu bernama Basirul. Beliau memilik
darah asli tanah Pekuwon. Lahir pada perikiraan tahun 1911 M. Beliau lahir
dalam keadaan ditinggal wafat oleh ayahandanya, sehingga beliau hidup sebagai
yatim.
Suatu
ketika di saat beliau masih kecil dan belum mengerti apa-apa, ada sebuah
kejadian yang menimpa beliau. Mat Rais -selaku kakak dari ayah beliau- membalik
namakan kepemilikan sebuah tanah yang aslinya beratas namakan kepemilikan
Beliau di kantor PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah) setempat. Akan tetapi mbah Ngarijo dan Petinggi desa
waktu itu -Karsani- mengetahui akan hal tersebut. Akhirnya tanah tadi dibalik
nama lagi dan menjadi milik Beliau kembali. Paman Beliau pun mengetahui akan
hal itu, sehingga ketika Beliau pulang sehabis di ajak petinggi Karsani dan
mbah Ngarijo untuk membalik nama tanahnya lagi, Beliau langsung di jerat oleh
pamannya tadi dan di ikatlah kedua tangan dan kaki beliau. Kemudian di letakan
di bawah pohon mangga sebagai rasa tidak terima dari paman beliau tersebut.
Peristiwa itu akhirnya diketahui oleh kiyai Syahid -salah satu tokoh agama di
desa pekuwon pada waktu itu, kelak yang akan menjadi mertua beliau sendiri-
sehingga paman Belau di nasihati oleh kiyai Syahid, Sedangkan Syasmsuri kecil,
agar mendapatkan didikan dan binanan pribadi yang bertaqwa akhirnya di pondokan
oleh kiyai Syahid, ke pesantren yang terdapat di Laju lor yang dibina oleh
Kiyai Sarbini. dan beliau juga mengabdi pada kiyai Muhammad.
Setelah
sekian lama menimba ilmu di pondok kiyai Sarbini, akhirnya beliau pulang, akan
tetapi tidak langsung menuju kerumah kelahirannya. Beliau sempat mengajar
terlebih dahulu beberapa tahun di madsrasah yang di miliki oleh kiyai Musyafa Rengel.
Hingga akhirnya beliau di jodohkan oleh kiyai Syahid dengan putrinya yang
bernama Badriyah dan bermukim Kembali di desa kelahirannya. Tak berselang lama
setelah pernikahannya, kyai Syahid pun wafat meninggalkan sang putri dengan
syamsuri yang beliau jodohkan sendiri. Saat itu di desa pekuwon terdapat dua
tokoh agama, salah satunya kyai Syahid yang ahli dalam bidang mengaji kitab
kuning, dan satunya lagi kiyai Basri dalam bidang Al-Qur’an. Memang kiyai
Syahid tak salah memilih jodoh untuk putrinya, karena sang menantu juga ahli
dalam mengaji kitab kuning, akhirnya perjuangan kiyai Syahid untuk menyebarkan
agama islam sudah di teruskan oleh menantunya sendiri. kiyai Syamsuri memang
sangat ahli dalam mengaji kitab kuning, dan selalu berpegangan pada kitab
kuning. Buktinya setiap acara mauludan dimanapun, ketika dimintai untuk
mengisinya, beliau tidak sekedar ceramah dengan ilmu yang beliau ingat. Akan
tetapi beliau tak lepas dari kitab kuning, sehingga setiap di undang untuk
mengisi acara mauludan beliau selalu mengisinya dengan mengaji kitab Dardir
Al-Mi’roj yang menjelaskan kisah Isro’ Mi’roj.
Disamping
keahliannya dalam bidang mengaji kitab kuning, beliau juga mempunyai wiridan
yang tak pernah beliau tinggalkan, yaitu menderes Al-Qur’an. Maka dari itu
rumah kediaman beliau tak pernah sepi dari lantunan ayat suci Al-Qur’an. Pernah
suatu ketika dilihat kedalam rumahnya beliau, ternyata tak ada seorang pun
didalamnya yang membaca Al-Qur’an. Melihat
rutinitas beliau yang tak pernah lepas itu, seakan akan beliau sudah menyatu
dengan Al-Qur’an, Bahkan seringkali jika ada orang yang membaca Al-Qur’an
dengan menggunakan Mic, saking seringnya membaca, beliau menggrutu menyalahkan
ketika orang tadi salah membaca atau makhrojnya.
Salah
satu pesan yang disampaikan beliau adalah “wong iku ojo lepas songko
Al-Qur’an, mergo, wong sing gak lepas songko Al-Qur’an iku anake utowo putune
mesti berguna ning masyarakat”.
Beliau
termasuk salah satu kiyai yang sangat wira’i dan selalu mengamalkan ilmunya.
suatu ketika di saat pembangunan Masjid, terdapat sisa pasahan kayu (taen
red;jawa) yang menumpuk banyak. Istri Beliau mengambil Taen tersebut
untuk dibuat memasak didapur. Ketika Beliau mengetahui hal tersebut, Beliau tak
mau memakan masakan tadi malah disuruh untuk di berikan kepada pekerja yang ada
di Masjid. Karena menurut beliau : apapun yang berkaitan dengan Masjid, yang
boleh menggunakannya hanya orang-orang yang memang meramaikan Masjid. Tak hanya
itu Beliau juga termasuk salah satu kiyai yang mengatakan bahwa suara perempuan
itu termasuk aurot.
Beliau
Wafat dalam usia 63 tahun -persis dengan umur wafatnya Rosululloh ‘Alaihisholatu
Wassalam- lebih tepatnya pada tahun 1974 M.
Wallahu A’lam
0 Comments:
Posting Komentar