Mengenai Saya

Biografi kiyai Syamsuri



KIYAI SYAMSURI merupakan anak dari dua bersaudara dari keluarga bapak Suraji, saudara beliau yaitu bernama Basirul. Beliau memilik darah asli tanah Pekuwon. Lahir pada perikiraan tahun 1911 M. Beliau lahir dalam keadaan ditinggal wafat oleh ayahandanya, sehingga beliau hidup sebagai yatim.

          Suatu ketika di saat beliau masih kecil dan belum mengerti apa-apa, ada sebuah kejadian yang menimpa beliau. Mat Rais -selaku kakak dari ayah beliau- membalik namakan kepemilikan sebuah tanah yang aslinya beratas namakan kepemilikan Beliau di kantor PPAT (Pejabat Pembuat Akta Tanah) setempat.  Akan tetapi mbah Ngarijo dan Petinggi desa waktu itu -Karsani- mengetahui akan hal tersebut. Akhirnya tanah tadi dibalik nama lagi dan menjadi milik Beliau kembali. Paman Beliau pun mengetahui akan hal itu, sehingga ketika Beliau pulang sehabis di ajak petinggi Karsani dan mbah Ngarijo untuk membalik nama tanahnya lagi, Beliau langsung di jerat oleh pamannya tadi dan di ikatlah kedua tangan dan kaki beliau. Kemudian di letakan di bawah pohon mangga sebagai rasa tidak terima dari paman beliau tersebut. Peristiwa itu akhirnya diketahui oleh kiyai Syahid -salah satu tokoh agama di desa pekuwon pada waktu itu, kelak yang akan menjadi mertua beliau sendiri- sehingga paman Belau di nasihati oleh kiyai Syahid, Sedangkan Syasmsuri kecil, agar mendapatkan didikan dan binanan pribadi yang bertaqwa akhirnya di pondokan oleh kiyai Syahid, ke pesantren yang terdapat di Laju lor yang dibina oleh Kiyai Sarbini. dan beliau juga mengabdi pada kiyai Muhammad.

          Setelah sekian lama menimba ilmu di pondok kiyai Sarbini, akhirnya beliau pulang, akan tetapi tidak langsung menuju kerumah kelahirannya. Beliau sempat mengajar terlebih dahulu beberapa tahun di madsrasah yang di miliki oleh kiyai Musyafa Rengel. Hingga akhirnya beliau di jodohkan oleh kiyai Syahid dengan putrinya yang bernama Badriyah dan bermukim Kembali di desa kelahirannya. Tak berselang lama setelah pernikahannya, kyai Syahid pun wafat meninggalkan sang putri dengan syamsuri yang beliau jodohkan sendiri. Saat itu di desa pekuwon terdapat dua tokoh agama, salah satunya kyai Syahid yang ahli dalam bidang mengaji kitab kuning, dan satunya lagi kiyai Basri dalam bidang Al-Qur’an. Memang kiyai Syahid tak salah memilih jodoh untuk putrinya, karena sang menantu juga ahli dalam mengaji kitab kuning, akhirnya perjuangan kiyai Syahid untuk menyebarkan agama islam sudah di teruskan oleh menantunya sendiri. kiyai Syamsuri memang sangat ahli dalam mengaji kitab kuning, dan selalu berpegangan pada kitab kuning. Buktinya setiap acara mauludan dimanapun, ketika dimintai untuk mengisinya, beliau tidak sekedar ceramah dengan ilmu yang beliau ingat. Akan tetapi beliau tak lepas dari kitab kuning, sehingga setiap di undang untuk mengisi acara mauludan beliau selalu mengisinya dengan mengaji kitab Dardir Al-Mi’roj yang menjelaskan kisah Isro’ Mi’roj.

          Disamping keahliannya dalam bidang mengaji kitab kuning, beliau juga mempunyai wiridan yang tak pernah beliau tinggalkan, yaitu menderes Al-Qur’an. Maka dari itu rumah kediaman beliau tak pernah sepi dari lantunan ayat suci Al-Qur’an. Pernah suatu ketika dilihat kedalam rumahnya beliau, ternyata tak ada seorang pun didalamnya yang membaca Al-Qur’an.     Melihat rutinitas beliau yang tak pernah lepas itu, seakan akan beliau sudah menyatu dengan Al-Qur’an, Bahkan seringkali jika ada orang yang membaca Al-Qur’an dengan menggunakan Mic, saking seringnya membaca, beliau menggrutu menyalahkan ketika orang tadi salah membaca atau makhrojnya.

          Salah satu pesan yang disampaikan beliau adalah “wong iku ojo lepas songko Al-Qur’an, mergo, wong sing gak lepas songko Al-Qur’an iku anake utowo putune mesti berguna ning masyarakat”.

          Beliau termasuk salah satu kiyai yang sangat wira’i dan selalu mengamalkan ilmunya. suatu ketika di saat pembangunan Masjid, terdapat sisa pasahan kayu (taen red;jawa) yang menumpuk banyak. Istri Beliau mengambil Taen tersebut untuk dibuat memasak didapur. Ketika Beliau mengetahui hal tersebut, Beliau tak mau memakan masakan tadi malah disuruh untuk di berikan kepada pekerja yang ada di Masjid. Karena menurut beliau : apapun yang berkaitan dengan Masjid, yang boleh menggunakannya hanya orang-orang yang memang meramaikan Masjid. Tak hanya itu Beliau juga termasuk salah satu kiyai yang mengatakan bahwa suara perempuan itu termasuk aurot.

          Beliau Wafat dalam usia 63 tahun -persis dengan umur wafatnya Rosululloh ‘Alaihisholatu Wassalam- lebih tepatnya pada tahun 1974 M.

Wallahu A’lam

0 Comments:

Posting Komentar